Posted by: fitracahyo | March 15, 2010

Cara Top Up Reksa Dana Mandiri

Saya ingin berbagi pengalaman singkat dalam hal reksa dana, karena kebetulan hari ini saya baru saja membeli 2 buah produk reksa dana dari Bank Mandiri, yaitu Mandiri Investa Keluarga (MI-Keluarga) dan Mandiri Investa Atraktif – Syariah (MITRA – Syariah).

Sebetulnya sudah lama sekali saya ingin berinvestasi di reksa dana. Namun karena berbagai alasan (waktu dan dana), baru sekarang bisa terwujud.

Sebelum saya memutuskan untuk membeli reksa dana Mandiri, saya sudah browsing sana-sini tentang beberapa produknya, khususnya di situs http://www.mandirinvestasi.co.id. Produknya memang banyak sekali, sehingga cukup memusingkan awalnya. Dari situs itu, saya jadi tahu bahwa ternyata untuk memulai investasi reksa dana tidak lah harus memiliki dana yang besar. Cukup dengan Rp 500 ribu saja kita sudah bisa memulai membeli beberapa produk reksa dana.


Hal yang ingin saya tekankan dalam tulisan singkat saya ini adalah tentang top up reksa dana Mandiri. Semula saya mengira top up reksa dana bisa dilakukan sendiri via transfer ATM atau internet banking, sehingga memberikan kemudahan/fleksibilitas kepada saya jika nantinya ingin melakukan top up. Ternyata, untuk top up nasabah harus datang sendiri ke Bank Mandiri untuk mengisi form. Bisa diwakilkan, asal dilengkapi dengan surat kuasa bermaterai. Tentunya hal ini cukup merepotkan bagi sebagian orang, termasuk saya.

Hal yang mengejutkan saya, untuk top up nasabah harus datang ke cabang di mana nasabah tersebut membuka reksa dana (menurut CS yang melayani saya). Jadi tidak bisa top up di sembarang cabang Bank Mandiri. Untuk yang terakhir ini, saya belum dapat memastikan kebenarannya, karena menurut logika saya, antar cabang Mandiri seharusnya sudah online. Harus saya tanyakan dulu ke layanan onlinenya untuk mengkonfirmasi hal ini.

Dua hal di atas sempat memberikan kekecewaan tersendiri bagi saya. Fleksibilitas yang saya harapkan ternyata tidak ada. Namun karena memang sudah lama ingin membeli reksa dana, dan karena pelayanan dan penjelasan dari CS yang saya nilai sangat baik, terlebih ditambah dengan reputasi baik Bank Mandiri, maka akhirnya saya beli juga reksa dana Mandiri, MI-Keluarga dan MITRA-Syariah. Semoga membawa hasil.

Demikian tulisan singkat tentang top up reksa dana Mandiri. Harapan saya, dikemudian hari ada improvement/inovasi dari Mandiri untuk memudahkan top up produk reksa dananya.

Semoga bermanfaat.

Responses

  1. thanks infonya.. saya sedang searching ttg reksadana Mandiri, mudah2an segera bisa buka account di sana
    sejauh ini kinerjanya bagaimana?

    • Sejauh ini kinerjanya lumayan, terutama produk syariah. Rata2 perkembangan per bulan mencapai 1.7%. Setidaknya selama 4 bulan pertama. Untuk bulan ke-6 saya belum mendapat laporannya. O ya, kita dapat kiriman laporan setiap 2 bulan.

  2. Pro: bpk cahyo, saya juga mengalami seperti anda, alhamdullilah saya temukan apa yg sa dptkan yaitu monitor dan transaksi reksadana scr online. Ada reksadana dari danareksa dan manulife. Kedianua juga banyak jenis reksadana yg ditawarkan, sedangkan performancenya bisa dilihat diwebsite bisnis.com, bapepam atau websitenya sendiri.
    selamat berinvestasi.

    • Alhamdulillah dapat informasi. Terima kasih Pak. Saya pelajari dulu.

  3. Menarik.., aku juga ada rencana utk beli MITRA-SYARIAH.

  4. halo fitra iki sulis…
    kl mau beli mitra syariah gmn caranya fit?

    • gampang lis. tinggal datang ke cabang mandiri terdekat, isi formulir, setor duit, selesai. syaratnya harus punya rekening mandiri dulu.
      kalo gak mau report, ada juga reksadana yang online 100%, seperti info dari bp. ekristianto di bawah.
      yang sudah aku coba dari danareksa di http://www.danareksaonline.com. bener2 100% online, tidak harus repot datang ke cabangnya.
      hanya saja untuk produk syariah bagi investor moderat sudah berjalan beberapa tahun, sehingga NABnya sudah agak mahal. namun produk syariah untuk investor agresif NABnya masih cukup murah, dan history kinerjanya juga lumayan. untuk lebih detil bisa dilihat di websitenya.

  5. saya ingin berinvestasi di reksadana dengan biaya nominal awal 500 ribu rupiah , di bank mana saya harus membelinya ,sebab ada info investasi di reksadana harus menjadi nasabah prioritas dalam suatu bank dengan investasi awal 100 juta , mohon diinfokan ke MUSRIPAH JL. LETNAN KHOIRI NO : 45 KARANGANYAR GUMUKMAS JEMBER

    • tidak benar jika kita harus menjadi nasabah prioritas dengan investasi awal 100 juta. bahkan di danareksaonline.com menawarkan investasi reksadana hanya dengan 100 ribu rupiah saja (bukan promosi lho …). untuk sekedar reference, silahkan baca-baca di postingan saya:

  6. hallo semua,
    saya punya reksadana d bank mandiri, Mitra syariah dan BNP P Infrastruktur plus,
    tapi akhir akhir ini surat konfirmasi pembelIAN DAN DETAIL BULANAN GAK pernah nyampe kerumah, kenapa ya?
    apakah ada yang punya pengalaman seperti ini? kemana cara mengurus atau pengaduan nya?
    trimakasih banyak,
    salam.

  7. hai semua,
    saya mempunyai reksadana lewat bank mandiri. akhir2 ini apabila top up surat konfirmasi dan detail bulanan tidak pernah sampei ke rumah padahal bulan2 sebelumnya selalu sampe. Apakah ada yang pernah mengalami kasus seperti saya? bagaimanakah jalan keluarnya dan kemana harus menelusuri keberadaan surat itu?
    terimakasih atas bantuan kawan2 semua,
    salam investasi!

    • salam,
      rupanya bukan hanya saya yang mengalaminya.
      waktu awal memang dikirim tiap bulan, namun terus berubah tiap 3 bulan, terus tiap 1 bulan, terus 4 bulan… kurang mengerti polanya.
      sudah ada pikiran untuk out dari rd ini, coz ada yang lebih praktis, cepat, report dikirim rutin, dan online lagi.

  8. klo mau top up rutin kenapa ga coba installment plan? langsung di debet dr rekening. Praktiss…

    • betul juga, bu. cuma kali ini saya ingin yang lebih free. free dalam arti bebas jumlahnya, bebas kapan saja waktunya, dan bebas di mana saja. sudah ketemu jawabannya, yaitu dengan reksadana online.
      tidak ada yang salah dengan installment plan.
      saya juga pernah ambil produk dengan installment plan dan masih berjalan sampai sekarang.
      hanya kebetulan ingin alternatif lain yang lebih fleksibel saja.
      terima kasih.

  9. sebelumnya maaf saya masih gak bingung dengan rexadana. hehe…
    maklum masih belajar.
    apakh pengertiannya saya menaruh uang di bank (investasi) terus setiap bulannya saya dapat bagi hasil sebesar 1% atau lebih. pakah seperti itu
    thnks…

    • ibaratnya kita beli sesuatu yang harganya bisa naik ataupun turun tergantung pasar.
      bila harga naik kita untung, bila harga turun kita rugi.
      jadi keuntungan kita bukan dari bagi hasil, melainkan dari “harga” reksadana itu. biasa disebut NAB (Nilai Aktiva Bersih) per UP (Unit Penyertaan).
      kira-kira seperti itu.

  10. maaf…top up itu apa ya? Mohon penjelasan

  11. bertanya sedikit..untuk masalah topup itu di haruskan wajib perbulan atau bagaimana ?
    contoh kasus, misal untuk daftar danareksaonline.com nasabah baru minim deposit Rp. 5.000.000,-..terus dana itu saya habiskan untuk beli 10 jenis reksadana (masing-masing Rp. 500.000),
    saya baca di beberapa sumber topup itu berkisar Rp. 100.000..artinya kalau topup itu wajib maka saya paling tidak harus menyediakan uang perbulan sekitar Rp. 1.000.000 (untuk topup 10 reksadana saya masing-masing Rp. 100.000)
    Mohon pencerahannya..

    • top up tidak harus per bulan. bebas terserah kita. jadi bila lagi tidak ada anggaran untuk top up, kita bisa istirahat dulu. fleksibel.

  12. pak fit, saya ingin berinvestasi reksadana online. tapi kurang ngerti semuanya, mohon bimbingannya, saya ada di richard1611@gmail.com sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  13. kalo hanya invest dana awal saja tanpa top up juga bisa yah ?…maklum masih mahasiswa. truz apakah keuntungan yg dihasilkan cukup menjanjikan reksadana ini hanya dengan modal uang yang minim ?…

    • invest di awal saja bisa-bisa saja. tentang keuntungan, tergantung dari kinerja manager investasi yang kita pilih dan produk reksadananya, juga iklim investasi. katanya sih untuk jangka panjang cukup lumayan.

  14. tks infonya saya juga ingin ikut reksadana cuman masih bingung, melihat pilihannya cukup banyak, trus kalau reksadana yang lebih cepat menguntungkan dari daftar diatas kira2 apa yah menurut pengalaman mas fitra, tks

    • Kalau mau aman yg pendapatan tetap saja. Tp biasanya hasilnya kecil, walau ktnya masih lbh baik drpd deposito. Kalau mau utk jangka panjang, 5 th ke atas, bisa pake reksadana saham. Katanya sih, begitu. Saya pribadi alokasikan ke beberapa jenis. Maklum, masih awam juga.

  15. Makasih infonya, saya pemula nih. ada saran produk reksa dana yg bagus??


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

