Posted by: fitracahyo | October 9, 2010

Mudahnya Reksadana Online

Ini adalah tulisan kedua saya tentang reksadana. Bukan bermaksud menggurui, namun hanya sekedar sharing pengalaman saja.

Bermula dari perasaan repot tentang reksadana konvensional yang mengharuskan saya untuk  bolak-balik ke kantor cabangnya untuk sekedar top-up, dan dari sebuah comment di blog saya tentang reksadanan online, maka saya pun mulai search sana-sini untuk sekedar belajar tentang reksadana online ini. Dan tak lama kemudian, saya memutuskan untuk membuka rekening reksadana di danareksa online.

Mengapa danareksa?  Ya maklum, berhubung ilmu tentang reksadana masih  dangkal, jadi invesment bank berplat merah masih  saya  anggap pilihan yang aman.

Pengalaman registrasi di danareksa sungguh suatu pengalaman yang mengesankan. Semua hal bersifat online, bisa dikerjakan dari rumah, kantor, atau di manapun asal ada koneksi internet.

Pendaftaran dimulai dengan mengisi formulir online di websitenya. Dalam hitungan menit, formulir tersebut dikirim ke email kita untuk ditandatangani dan dikirimkan ke kantor danareksa. Untuk mempercepat pembukaan rekening, formulir yang sudah ditandatangani bisa dikirim via email atau fax. Bila formulir sudah dikirim via email/fax, dalam 1 hari rekening sudah diapprove dan kita bisa segera bertransaksi online.

Pengalaman bertransaksi reksadana online juga tidak kalah asyiknya. Tinggal klik sana, klik sini, dan transfer sejumlah yang kita beli di form pembelian online, maka dalam beberapa hari proses sudah completed dan kita bisa segera melihat besar investasi kita di websitenya. Sangat mudah! Yang sedikit mengganjal adalah lama waktu proses yang mencapai 5 hari terhitung dari saya transfer uang ke danareksa. Mungkin karena via kliring, jadi agak lama. Namun tetap aja terasa kelamaan. Semoga bisa diimprove di kemudian hari. (Update 14-05-2010: Setelah mencari tahu, ternyata yang menyebabkan top-up lama yaitu karena nomor rekening yang saya transfer kurang 2 digit di belakang. Masih syukur nyampe dengan selamat. Setelah mencoba top-up yang kedua, ternyata jauh lebih cepat. Satu hari pertama sudah diapprove, dan di hari berikutnya sudah masuk. Jadi kira-kira 1.5 harian.)

Kinerja investasi bisa kita monitor kapanpun secara online. Sedangkan berdasarkan historinya, produk-produk syariah tetap menunjukkan taringnya dengan kinerja yang cukup tinggi dibandingkan produk-produk non-syariah, yaitu sekitar 20%-an/tahun. Namun dalam dunia investasi, history bukanlah masa depan … anything can happen.

Mungkin itu saja sharingnya, selamat berinvestasi!

Sumber: http://www.danareksaonline.com

Responses

  1. selamat siang bro..saya sekarang agak tertarik dengan investasi reksadana minta bantuannya langkah-langkah awalnya seperti apa ya..berhubung saya jauh..

    tks

    Hadi

    • pak hadi, maaf baru bisa bales.
      langkah2nya cukup mudah.
      tinggal isi form yang ada di websitenya dan kirim. nanti kita akan ditelpon oleh petugas yang akan memandu kita untuk memenuhi syarat pendaftaran (seperti KTP, yang waktu itu saya kirim via mail).
      Setelah diapprove, kita akan dikirimi user id dan password via mail.
      Untuk transaksi, tinggal login di websitenya, pilih produk dan besar investasi.
      Dalam beberapa detik-menit kita akan dikirimi mail konfirmasi yang isinya produk yang kita beli dan jumlah uang yang harus kita transfer. Tentunya beserta nomor rekening tujuan.
      Segera setelah kita transfer, pembelian kita akan diapprove dan sudah masuk ke rekening reksadana kita.
      Berdasarkan pengalaman saya, dengan transfer secara kliring, dalam 1-2 hari sudah diapprove, dan dalam hari ke-3 sudah masuk ke reksadana kita.
      Semoga membantu.

      • Saya masih bingung dengan langkah2 proses pembelian…bisa minta tolong dijelaskan lagi dengan lebih rinci…terutama setelah kita mentransfer uang ke rekening tujuan reksa dana, apakah kita perlu mengirim email konfirmasi ato tidak?

  2. apakah diperlukan bukti KTP ketika melakukan verifikasi stlh registrasi?

    • iya pak. ktp saya kirim via mail (hasil scan).

  3. berapa investasi awalnya mas? apa betul mulai Rp. 100.000, saya sdh cek situs nya tp mash ga yakin 100.000 hari gini, tolong mas info nya thanks

    • saya belum pernah nyobain segitu sih. tapi kalo sudah dipajang di webnya, sepertinya benar.

  4. pak, saya masih bingung nih ama danareksa ini..
    apakah kita sendiri yang trading (jual/beli)?
    atau hanya taruh uang terus tinggal nunggu sambil harap2 cemas profit/buntung?
    mohon pencerahannya pak..
    terima kasih

    • maap baru bisa ngebales, lagi jarang online.
      kalo reksadana biasanya kita tinggal taruh duit, trus dikelola sama manager investasi.
      kalo mo yang trading secara mandiri, di danareksa ada fasilitasnya lewat trade pro.
      tapi saya pribadi belum pernah coba, maklum masih newbie juga …

  5. posting yang bagus. saya sedang belajar tentang ini dalam baru menunggu pengaktifan rekening. trim’s

  6. mohon diinfokan ke saya tentang fund manajer (manajer investasi ) beserta produk reksadananya sekaligus bank sebagai agen penjualnya dan investasi awalnya berapa dan top upnya berapa , tolong diinfokan ke ANI ROSADA JL. LETNAN ROJAPEN NO 45 RT 01 RW 08 KARANGANYAR GUMUKMAS JEMBER. Terimaksih.

  7. pengen tau lebih jauh lagi ttg reksa dana, cz saya blm ngerti.. cma tw kabar’x dari sharing” di tv.. makasii sblm’x

  8. mau tanya2 kalo investasi lewat mandiri yang reksadana jg sama?
    bisa boleh minta alamat ym mungkin pat fitra?
    biar bisa share ke saya?
    saya di bona_44_ventura@yahoo.com
    terimakasih pak

  9. Sudah pernah jual reksadananya blm mas? Cepat gak pencairannya? Pengen sih beli reksadana di sana. Tapi takut jg nih mau transaksi online.. Hehe..

    • Saya pernah mencairkan reksadana di Mandiri. Prosesnya cepat walau agak repot krn tidak online. Kalo tdk salah inget, kira2 butuh wkt 5 hr kerja utk sampai di rekening kita. Kalo yg di Danareksa belum pernah. Kalo mau aman, pilih manager investasi yg reputasinya bagus.

  10. patut dicoba nih. makasih infonya ya
    dan salam kenal.

  11. bertransaksi di danareksa online sangat mudah dan cepat, segala sesuatunya online. transaksi serta laporan keauangnnya begitu cepat. selama berinvestasi di reksadana

  12. bagi pengalaman soal redemption di dana reksa online
    kira-kira brp hari dan ditransfer kemana?

    • Berdasar pengalaman kira2 butuh waktu 1 minggu. Ditransfer ke rekening bank yang kita daftarkan sewaktu registrasi.

  13. numpang tanya, yg bapak ikuti apakah yg reguler (ada minimum invest berdasar produk yg dipilih) atau bapak ikut yg investasi bulanan (setor 200rb / bln) ? bagusan yg reguler atau yg wajib setor 200rb / bln selama periode tertentu ya? saya bingung mau memulai reksadana.
    dan kalo ikut di danareksaonline apa aman pak? soalnya saya sempat tanya via email di cs mereka, cuma di balas 1x aja, setelah itu tidak pernah dibalas lagi. akhirnya jadi ragu2 mau meneruskan utk registrasi.

    • Insya Allah aman. Sepengetahuan saya, danareksa sudah lama di bidang ini. Di danareksa banyak sekali ragam produknya. Silahkan dipelajari di situsnya. Maklum… saya jg orang awam.
      Kalau saya sendiri beli beberapa produk reksadana, tapi santai sesuka-suka saya. Maksudnya, kapan punya duit beli, kapan butuh duit dicairin. Tidak harus tiap bulan setor. Tapi kalau mau disiplin seperti itu jg bagus.

  14. pak fitra, mau tanya, utk pendaftaran awal kan disuruh ttd dokumen lalu dikirim berkasnya ke kantor mereka di jkt. tapi stl itu ada keterangan lg utk mempercepat proses registrasi maka berkas bisa di kirim via email
    pertanyaannya kalo kita sdh kirim scan berkas via email, apa masih tetap hrs kirim dokument (hardkopi) ke kantor mereka?

    • @Chr collectibles: menurut pengalaman saya, memang iya hrs kirim hardcopy. Seinget saya ada yg hrs pake materai. Email hanya utk mempercepat pembukaan rekening saja. Trims.

  15. Selamat Malam Pak Fitra Cahyo
    Saya berminat investasi reksadana tapi masih belajar.
    Mohon info, kalo sekarang lebih menguntungkan reksadana syariah atau reguler ???
    Terima kasih

    • Kurang lebih sama saja. Tergantung dari kinerja manajer investasi dan kondisi pasar. Kalau Anda muslim dan ingin ketenangan, bisa pilih yang syariah. Karena dana kita akan dialokasikan ke sektor2 yang tidak bertentangan dengan syariah Islam.

      Sama, saya juga masih belajar. Sekedar berbagi pengalaman saja.

  16. Saya sedang berencana untuk berinvestasi di reksadana dan kebetulan menemukan blog ini. Meskipun sepertinya sudah lama, tapi terimakasih sudah memberikan sedikit ulasan yang sedikit banyak membantu pertimbangan saya untuk memulai.
    Terimakasih Pak Fit.

  17. pak fitra, saya masih mahasiswa dan belum memiliki npwp, apakah saya bisa ikut investasi di reksadana??

    • Setahu saya tidak apa2. Kalo tidak salah nanti akan dikasih formulir belum punya NPWP. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke pihak MI reksadana. Trims.


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

