Posted by: fitracahyo | January 10, 2010

Solusi: Pioneer DVR-218L gagal membakar DVD-R

Kira-kira seminggu yang lalu saya membeli sebuah DVD writer internal Pioneer DVR-218L SATA, dengan versi firmware 1.02. Setelah menginstall di PC saya, saya sempat agak kecewa karena ternyata DVD writer ini tidak bisa membakar DVD-R merk GT-Pro yang saya miliki. Beberapa kali saya coba, tetapi selalu gagal. Berikut adalah screen shot kejadian yang saya alami:


Kemudian saya coba dengan DVD+RW merk Verbatim, dan ternyata bisa membakar dengan sukses. Saya mulai mengira bahwa drive Pioneer ini tidak kompatibel dengan media DVD-R merk GT-Pro (mohon maaf, saya belum sempat mencobanya dengan DVD-R merk lain).

Kemudia saya coba membakar DVD-R merk GT-Pro tersebut di laptop saya, dan ternyata dibakar dengan sukses. Ini artinya, tidak ada masalah dengan DVD-R merk GT-Pro tersebut. Dugaan saya tentang kompatibilitas tersebut semakin menguat.

Saya coba browsing mencari update firmware di website Pioneer. Siapa tahu dengan update firmware, masalah ini bisa terselesaikan. Namun ternyata, Pioneer belum merelease update firmware untuk DVR-218L.

SOLUSI:

Setelah mencoba berbagai cara, ternyata saya berhasil menemukan salah satu cara yang bisa menyelesaikan masalah ini….. yaitu di setting BIOS motherboard, tepatnya di bagian SATA mode.

Masalah muncul ketika SATA mode saya set ke AHCI. Setelah saya set ke IDE, ternyata drive Pioneer saya dapat membakar media DVD-R merk GT-Pro dengan baik.

Saya tidak tahu pasti apa sebabnya. Mungkin firmware yang belum matang, mungkin juga hal lain. Saya juga belum tahu pasti apakah kasus seperti ini hanya terjadi pada drive dengan firmware 1.02 seperti yang saya miliki atau tidak. Yang jelas, saat ini saya dapat menggunakan drive Pioneer saya tersebut tanpa masalah.

Bagi Anda yang menemukan masalah yang sama, semoga tulisan singkat saya ini berguna.

Update 24 Oktober 2010:

Ternyata masalah yang sama muncul pada notebook Axioo Neon MLC milik saya yang menggunakan DVD writer TSSCorp. Bila SATA mode diset ke AHCI, praktis DVD writer tidak dapat membakar keping DVD-R. Saya coba download firmware BIOS terbaru dari website Axioo, install, dan ternyata masalah pun teratasi. Walaupun menggunakan mode AHCI, notebook saya tetap dapat membakar DVD-R. End of problem!

Rupanya masalah gagal burning pada DVD writer pada modus AHCI banyak diperbincangkan di forum-forum di internet. Incompatibility antara hardware, firmware, dan/atau software burner menjadi permasalahannya.

So, bagi yang tidak mau repot, silahkan pakai mode IDE yang kuno tapi masih oke. Perbedaan performance antara IDE dan AHCI pun tidak akan terasa, karena biasanya bottleneck tetap pada kinerja mekanis. Hanya saja, bila sudah terlanjur menginstall Windows pada mode AHCI dan ingin pindah ke mode IDE, mau-tidak mau harus install ulang Windows.

Sekian, semoga bermanfaat.


Responses

  1. Pak,

    Saya juga menghadapi hal yang sama..

    DVD-RW saya tidak bisa burn ke CD-R GT PRO.

    Tapi sewaktu saya masuk ke BIOS, saya tidak menemukan tempat untuk change dari mode achi ke ide.

    sebelah mananya ya pak?

    • Maaf, baru bisa respon. Lama tidak cek-cek email.
      Apakah DVD-RW Anda sama-sama Pioneer DVR-218L SATA? (sekedar ingin tahu saja)

      Untuk change mode ahci ke ide, bisa lewat BIOS melalui menu sbb:
      Integrated Periferal –> IDE Configuration –> OnChip SATA Type –> di sini ada beberpa pilihan, mulai dari IDE, RAID, atau AHCI. Pilih IDE (tergantung motherboard, ada yang pilihannya Native IDE).

      Mungkin motherboard satu dengan lainnya akan berbeda-beda bahasanya. Antar BIOS yang berbeda kadang bahasanya juga berbeda. Tapi kira-kira menunya seperti di atas.

      Semoga membantu.

  2. Apakah ada solusi lain selain mematikan AHCI? Saya sudah update ke firmware 1.03 di http://www.firmwarehq.com/Pioneer/DVR-218L/files.html tapi masih tetap error😦.
    Terima kasih.

    • sama pak, saya juga sudah update ke 1.03 tapi masalah tetap sama.
      lama saya sudah tidak utak-atik lagi, dan sekarang saya pakai CD-R Verbatim tanpa masalah. hanya saja sistem saya sedikit berbeda ketimbang dulu. perbedaannya yaitu:
      – SATA dikonfigurasi RAID, campuran antara RAID 0 dan 1 dengan dua hardisk saja.
      – OS Windows 7 yang sudah diupdate ke SP1 (dulunya tanpa SP1) dan selalu update.
      itu saja, tidak tahu apakah salah satu dari dua hal di atas adalah solusinya, atau media yang saya pakai berbeda dengan dulu (sekarang pakai Verbatim, dulu GT-Pro).
      Kalau mau pasti pakai modus IDE saja, lebih kompatibel dan bukan berarti lebih lambat.

  3. Berbeda denga masalah saya, dimana hasil burn dengan menggunakan dvd+R merk sony, hasilnya tidak bisa dibaca, saya menggunakan sofware shampo, anybody help me


Leave a Reply

Categories

